Hai semuanya...
Salam sukses selalu, ini adalah postingan pertama ogut di blog ini, sebelum kita belajar tentang pemrogram grafik kita bahas dulu sekilas tentang OpenGL.
Contoh video berikut ini adalah contoh sebuah game yang ogut buat sendiri dengan menggunakan OpenGL dan memakai bahasa pemrograman C++ dari Visual Studio 2013 Express.
Sudah di-run videonya, bagaimana? inginkan bisa buat game seperti ini.
Untuk membuat game seperti di atas ada beberapa tahap yang harus rekan-rekan lewati, pertama yang paling basic rekan-rekan harus terbiasa dengan yang namanya algoritma. Kedua rekan-rekan harus banyak mencoba program grafik, seperti menampilkan objek 2D atau objek 3D dan proses rendering. Ketiga rekan-rekan harus belajar tentang matematika yang banyak digunakan untuk pemrograman game, seperti trigonometri, vektor 2R dan 3R serta matriks.
Wow ternyata tahapnya tidak banyak..hanya 3(tiga) saja...bagaimana? masih mau mencoba atau malah kelimpungan, waduh susahnya...tidak ada yang mudah memang, tapi dengan banyak mencoba pasti tingkat keberhasilan akan menjadi semakin tinggi.
Sudah dulu ya, sudah siang nih, ogut harus cari makan dulu, dari pagi-pagi sudah nge-blog cuma sarapan kopi dan roti.
Dan sabar ya postingan berikutnya akan ogut bahas tentang pemrograman OpenGL dari yang paling sederhana dulu agar rekan-rekan bisa memulai dari 0(nol).
Update 28 Des 2015
Blog ini juga akan memuat tentang pemrogram game hingga tingkat mahir, sehingga rekan-rekan akan mampu membuat program seperti contoh di bawah ini.
Klik disini untuk menuju ke artikel Animasi Hely 3D
Update 31 Des 2015
Contoh Program Multiple Animasi 3D
Salam Ogut
Heriady
heriady.yoh@gmail.com
NB.
Program grafik yang akan aku bahas menggunakan C++ dari Visual Studio 2013 Express, tetapi ada juga yang menggunakan compiler VB 6 dan VB .Net
Contoh beberapa program di artikel ini
Membuat Terrain untuk Hely 3D
|
|
Program Animasi Game MoTer 3D dengan OpenGL
|
|
Membuat Animasi Hely 3D dengan OpenGL
|
|
Membatasi Ruang Gerak PacMan
|
|
Vektor untuk Tanjakan dan Turunan
|
|
Vektor Pantul
|
|
Program OpenGL 3D dengan Developer CPP (DevCPP)
|
|
Teori Enam Kondisi untuk Membuat Side Scrolling Game
|
|
Deteksi Tabrakan dengan Proyeksi Vektor
|
|
Mendeteksi Posisi dengan Vektor Proyeksi
|
|
I Love Math, Bola 3D
|
|
I Love Math, Donat 3D
|
|
I Love Math, Botol 3D
|
|
Matematika rotasi untuk animasi OpenTK 2D
|
|
Animasi 3D objek MD2
|
|
Objek 3D low polygon yang dibuat dengan 3ds max
|
|
Garden 3D yang dibuat dengan 3ds max
|
|
I Love My Garden
|
|
Teknik blending untuk membuat objek 3D transparan sepeti kaca
|
|
Tekstur TGA 32 bit, untuk pagar dan daun
|
|
Membuat objek pohon 3D, pohon dibuat dengan bantuan 3ds max
|
|
Membuat program objek 3D sepeda tanpa tekstur
|
|
Membuat tangki air 3D dari objek balok 3D, pipa 3D dan balok bengkok 3D
|
|
Teknik masking untuk membuat game 2D
|
|
Membuat teko 3D wire dan solid
|
|
Tekstur untuk objek 3D
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar