Pagi rekan-rekan sekalian...
Setelah sebelumnya aku memperkenalkan tekstur 2D kepada rekan-rekan, sekarang saatnya kita maju satu langkah lagi. Kali ini aku akan memperkenalkan tekstur untuk objek 3D.
Program ini menggunakan Empty Project, silahkan klik link ini untuk belajar cara membuat program grafik OpenGL 3D dengan Empty Project. Serta menggunakan file image bitmap 24 bit untuk dijadikan tekstur.
Dari gambar di atas rekan-rekan dapat melihat sebuah kotak dan sebuah segitiga yang mempunyai tekstur / kulit. Tekstur berasal dari file bitmap 24 bit yang dikonversi lalu direkatkan ke permukaan objek 3D.
Bagimana caranya membuat tekstur untuk objek 3D, ikuti langkah-langkah berikut ini.
Pertama siapkan file bitmap 24 bit, lalu konversi menjadi tekstur, gunakan fungsi berikut ini untuk mengkonversi. Fungi ini sama dengan fungsi yang aku gunakan untuk mengkonversi tekstur 2D.
//digunakan untuk membuat tekstur dari file bitmap 24 bit
unsigned int Create_Texture(char *filename)
{
AUX_RGBImageRec *My_Texture;
unsigned int My_IDTexture;
My_Texture = auxDIBImageLoad(filename);
if (My_Texture != NULL)
{
glGenTextures(1, &My_IDTexture);
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, My_IDTexture);
glPixelStorei(GL_UNPACK_ALIGNMENT, 1);
glTexParameteri(GL_TEXTURE_2D, GL_TEXTURE_MIN_FILTER, GL_LINEAR);
glTexParameteri(GL_TEXTURE_2D, GL_TEXTURE_MAG_FILTER, GL_LINEAR);
glTexParameteri(GL_TEXTURE_2D, GL_TEXTURE_WRAP_T, GL_REPEAT);
glTexParameteri(GL_TEXTURE_2D, GL_TEXTURE_WRAP_S, GL_REPEAT);
gluBuild2DMipmaps(GL_TEXTURE_2D, GL_RGB,
My_Texture->sizeX, My_Texture->sizeY,
GL_RGB, GL_UNSIGNED_BYTE,
My_Texture->data);
glTexImage2D(GL_TEXTURE_2D, 0, GL_RGB,
My_Texture->sizeX, My_Texture->sizeY,
0, GL_RGB, GL_UNSIGNED_BYTE,
My_Texture->data);
free(My_Texture);
return My_IDTexture;
}
return NULL;
}
Load file bitmap 24 bit nya.
//load file bitmap 24 bit
bool Load_Texture()
{
glEnable(GL_TEXTURE_2D);
if ((texture_biru = Create_Texture("Bmp_Files/Text_biru.bmp")) == NULL)
return false;
if ((texture_merah = Create_Texture("Bmp_Files/Text_merah.bmp")) == NULL)
return false;
return true;
}
Lalu rekatkan tekstur ke objek 3D yang kita kehendaki. Ubah glBegin(GL_LINE_LOOP) menjadi glBegin(GL_POLYGON) dan fungsi glTexCoord2d menggunakan koordinat kartesius 2D untuk pemetaan.
//Kotak
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture_merah);
glBegin(GL_POLYGON);
//titik kiri bawah
glTexCoord2d(0.0, 0.0);
glVertex3f(-1.0f, -1.0f, 1.0f);
//titik kanan bawah
glTexCoord2d(1.0, 0.0);
glVertex3f(1.0f, -1.0f, 1.0f);
//titik kanan atas
glTexCoord2d(1.0, 1.0);
glVertex3f(1.0f, 1.0f, 1.0f);
//titik kiri atas
glTexCoord2d(0.0, 1.0);
glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 1.0f);
glEnd();
//Segitiga
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture_biru);
glBegin(GL_POLYGON);
//titik kiri bawah
glTexCoord2d(0.0, 0.0);
glVertex3f(-1.0f, -1.0f, -1.0f);
//titik kanan bawah
glTexCoord2d(1.0, 0.0);
glVertex3f(1.0f, -1.0f, -1.0f);
//titik atas
glTexCoord2d(0.5, 1.0);
glVertex3f(0.0f, 1.0f, -1.0f);
glEnd();
Selesai deh tekstur untuk objek 3D, ini dia nih kode program lengkapnya silahkan di copy paste tanpa ada larangan.
//berguna untuk memangkas library
//yang tidak terpakai
#define WIN32_LEAN_AND_MEAN
#define VC_LEANMEAN
#define VC_EXTRALEAN
//include yang harus disertakan
#include<windows.h>
#include<stdio.h>
#include<stdlib.h>
#include<mmsystem.h>
//include khusus OpenGL
#include<gl/gl.h>
#include<gl/glu.h>
#include "glaux/glaux.h" //header ini ada di dalam folder GLAUX
//library untuk OpenGL
#pragma comment(lib, "opengl32.lib")
#pragma comment(lib, "glu32.lib")
#pragma comment(lib, "GLAUX/glaux.lib") //library ini ada di dalam folder GLAUX
//Variable global yang dipakai untuk program ini
HDC My_HDC_Global;
//set tinggi dan lebar untuk window screen
unsigned int tinggi_window_Screen = 600;
unsigned int lebar_window_Screen = 800;
//penempatan posisi window screen di monitor
unsigned int X_window_Screen = 150;
unsigned int Y_window_Screen = 50;
//variable Texture
unsigned int texture_biru;
unsigned int texture_merah;
float Sudut_Putar = 0.0f;
//+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
//untuk membuat program grafik dengan OpenGL
//hanya dibutuhkan empat buah fungsi, dengan
//WinMain sebagai fungsi utama (WinMain 1 fungsi tambah 3 fungsi dibawah ini jadi 4 semuanya)
LRESULT CALLBACK My_WindowProc(HWND hwnd_p, UINT message_p, WPARAM wparam_p, LPARAM lparam_p);
void Window_Pixel_Format(HDC hdc_GPF_p);
void Display_Grafik();
unsigned int Create_Texture(char *filename);
bool Load_Texture();
//+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
//fungsi yang dipanggil pertama kali
//oleh Operating system Windows, pada
//saat program dijalankan
int WINAPI WinMain(HINSTANCE hinstance_p, HINSTANCE hprevinstance_p, LPSTR lpcmdline_p, int nshowcmd_p)
{
MSG My_MSG;
WNDCLASSEX My_WNDCLASSEX;
HWND My_HWND;
bool My_MainLoop = false;
//deklarasi variable untuk membuat window
My_WNDCLASSEX.cbSize = sizeof(WNDCLASSEX);
My_WNDCLASSEX.style = CS_HREDRAW | CS_VREDRAW;
//My_WindowProc adalah fungsi yang kita buat
//untuk memproses message-message,
//fungsi ini yang terus menerus akan dipanggil
//oleh fungsi WinMain, sehingga harus kita
//daftarkan di bawah ini
My_WNDCLASSEX.lpfnWndProc = My_WindowProc;
My_WNDCLASSEX.cbClsExtra = 0;
My_WNDCLASSEX.cbWndExtra = 0;
My_WNDCLASSEX.hInstance = hinstance_p;
My_WNDCLASSEX.hIcon = LoadIcon(NULL, IDI_WINLOGO);
My_WNDCLASSEX.hCursor = LoadCursor(NULL, IDC_WAIT);
My_WNDCLASSEX.hbrBackground = NULL;
My_WNDCLASSEX.lpszMenuName = NULL;
My_WNDCLASSEX.lpszClassName = "MyOpenGL";
My_WNDCLASSEX.hIconSm = LoadIcon(NULL, IDI_WINLOGO);
//register window Class
//jika terjadi error program dihentikan
if (!RegisterClassEx(&My_WNDCLASSEX))
{
MessageBox(NULL,
"Register Window Class Failed", "Window Error", MB_OK);
return 0;
}
//jika register window class berhasil
//lanjutkan dengan create window
My_HWND = CreateWindowEx(
NULL,
"MyOpenGL",
"Heriady Blog heriadyblog.blogspot.com (Esc to quit)",
NULL,
X_window_Screen,
Y_window_Screen,
lebar_window_Screen,
tinggi_window_Screen,
NULL,
NULL,
hinstance_p,
NULL);
//jika window tidak bisa di-create
//program dihentikan
if (!My_HWND)
{
MessageBox(NULL,
"Failed to Create Window", "Window Error", MB_OK);
return 0;
}
//load all texture here
if (!Load_Texture())
return 0;
//jika window bisa di-create
//tampilkan window ke monitor
ShowWindow(My_HWND, SW_SHOW);
UpdateWindow(My_HWND);
//Looping utama
while (!My_MainLoop)
{
//proses message dari antrian
PeekMessage(&My_MSG, 0, 0, 0, PM_REMOVE);
//selama tidak ada message 'Quit'
//looping akan terus berjalan
if (My_MSG.message != WM_QUIT)
{
//panggil fungsi untuk render window
//disini
Display_Grafik();
//translate Virtual key message,
//menjadi chararcter message dan
//buang message yang sudah diproses
TranslateMessage(&My_MSG);
DispatchMessage(&My_MSG);
}
else
//jika message = 'Quit'
//keluar dari looping
My_MainLoop = true;
} //while (!My_MainLoop)
//unregister window class
UnregisterClass("MyOpenGL", My_WNDCLASSEX.hInstance);
//akhiri program
return (int)My_MSG.wParam;
}
//fungsi yang dipanggil oleh WinMain
//untuk memproses message-message
LRESULT CALLBACK My_WindowProc(HWND hwnd_p, UINT message_p, WPARAM wparam_p, LPARAM lparam_p)
{
static HGLRC My_HGLRC;
static HDC My_HDC;
//pada saat window dibuat pertama kali
//kondisi if di bawah memenuhi
if (message_p == WM_CREATE)
{
My_HDC = GetDC(hwnd_p);
My_HDC_Global = My_HDC;
//pada saat pertama kali dibuat
//window screen harus di setup pixel
//agar bisa dibuat untuk tampilan grafik
Window_Pixel_Format(My_HDC);
My_HGLRC = wglCreateContext(My_HDC);
wglMakeCurrent(My_HDC, My_HGLRC);
return 0;
}
//pada saat program hendak keluar
//kondisi if di bawah memenuhi
if (message_p == WM_DESTROY)
{
wglMakeCurrent(My_HDC, NULL);
wglDeleteContext(My_HGLRC);
PostQuitMessage(0);
return 0;
}
//untuk saat window dibuat pertama kali atau
//window diubah ukurannya.
//pada program ini ukuran window
//tidak bisa diubah, tetapi kondisi if
//di bawah harus tetap di pasang
if (message_p == WM_SIZE)
{
//fungsi OpenGL untuk set
//tinggi dan lebar window screen
glViewport(0, 0, lebar_window_Screen, tinggi_window_Screen);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
//memakai pandangan 3D perspektif
gluPerspective(45.0, (GLfloat)lebar_window_Screen / (GLfloat)tinggi_window_Screen, 1.0, 1000.0);
glMatrixMode(GL_MODELVIEW);
glLoadIdentity();
//warna latar belakang hitam
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
//perhitungan depth buffer diaktifkan
glEnable(GL_DEPTH_TEST);
return 0;
}
//tombol ESC ditekan
//untuk keluar dari program
if ((message_p == WM_KEYDOWN) && (wparam_p == VK_ESCAPE))
{
//fungsi untuk mengirimkan
//message WM_QUIT
PostQuitMessage(0);
return 0;
}
//return kembali nilai LRESULT
return (DefWindowProc(hwnd_p, message_p, wparam_p, lparam_p));
}
//fungsi untuk setup pixel, yang
//dipakai untuk program grafik,
//fungsi ini harus ada jika hendak membuat
//program grafik
void Window_Pixel_Format(HDC hdc_GPF_p)
{
int My_Pixel_Format;
static PIXELFORMATDESCRIPTOR My_PFD =
{
sizeof(PIXELFORMATDESCRIPTOR),
1,
PFD_DRAW_TO_WINDOW |
PFD_SUPPORT_OPENGL |
PFD_DOUBLEBUFFER,
PFD_TYPE_RGBA,
16,
0, 0, 0, 0, 0, 0,
0,
0,
0,
0, 0, 0, 0,
16,
0,
0,
PFD_MAIN_PLANE,
0,
0, 0, 0
};
My_Pixel_Format = ChoosePixelFormat(hdc_GPF_p, &My_PFD);
SetPixelFormat(hdc_GPF_p, My_Pixel_Format, &My_PFD);
}
//load file bitmap 24 bit
bool Load_Texture()
{
glEnable(GL_TEXTURE_2D);
if ((texture_biru = Create_Texture("Bmp_Files/Text_biru.bmp")) == NULL)
return false;
if ((texture_merah = Create_Texture("Bmp_Files/Text_merah.bmp")) == NULL)
return false;
return true;
}
//digunakan untuk membuat tekstur dari file bitmap 24 bit
unsigned int Create_Texture(char *filename)
{
AUX_RGBImageRec *My_Texture;
unsigned int My_IDTexture;
My_Texture = auxDIBImageLoad(filename);
if (My_Texture != NULL)
{
glGenTextures(1, &My_IDTexture);
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, My_IDTexture);
glPixelStorei(GL_UNPACK_ALIGNMENT, 1);
glTexParameteri(GL_TEXTURE_2D, GL_TEXTURE_MIN_FILTER, GL_LINEAR);
glTexParameteri(GL_TEXTURE_2D, GL_TEXTURE_MAG_FILTER, GL_LINEAR);
glTexParameteri(GL_TEXTURE_2D, GL_TEXTURE_WRAP_T, GL_REPEAT);
glTexParameteri(GL_TEXTURE_2D, GL_TEXTURE_WRAP_S, GL_REPEAT);
gluBuild2DMipmaps(GL_TEXTURE_2D, GL_RGB,
My_Texture->sizeX, My_Texture->sizeY,
GL_RGB, GL_UNSIGNED_BYTE,
My_Texture->data);
glTexImage2D(GL_TEXTURE_2D, 0, GL_RGB,
My_Texture->sizeX, My_Texture->sizeY,
0, GL_RGB, GL_UNSIGNED_BYTE,
My_Texture->data);
free(My_Texture);
return My_IDTexture;
}
return NULL;
}
//fungsi yang dipakai untuk menampilkan
//semua object(Polygon) yang akan kita buat
//pada window screen
void Display_Grafik()
{
//clear buffer
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT | GL_DEPTH_BUFFER_BIT);
glLoadIdentity();
//...........................
//display object di sini
//...........................
//mundurkan objek sebanyak 5 satuan
//ke arah sumbu -Z
glTranslatef(0.0f, 0.0f, -5.0f);
glRotatef(Sudut_Putar, 1.0f, 1.0f, 0.0f);
Sudut_Putar += 0.1f;
if (Sudut_Putar > 360.0f)
Sudut_Putar = 0.0f;
//Kotak
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture_merah);
glBegin(GL_POLYGON);
//titik kiri bawah
glTexCoord2d(0.0, 0.0);
glVertex3f(-1.0f, -1.0f, 1.0f);
//titik kanan bawah
glTexCoord2d(1.0, 0.0);
glVertex3f(1.0f, -1.0f, 1.0f);
//titik kanan atas
glTexCoord2d(1.0, 1.0);
glVertex3f(1.0f, 1.0f, 1.0f);
//titik kiri atas
glTexCoord2d(0.0, 1.0);
glVertex3f(-1.0f, 1.0f, 1.0f);
glEnd();
//Segitiga
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, texture_biru);
glBegin(GL_POLYGON);
//titik kiri bawah
glTexCoord2d(0.0, 0.0);
glVertex3f(-1.0f, -1.0f, -1.0f);
//titik kanan bawah
glTexCoord2d(1.0, 0.0);
glVertex3f(1.0f, -1.0f, -1.0f);
//titik atas
glTexCoord2d(0.5, 1.0);
glVertex3f(0.0f, 1.0f, -1.0f);
glEnd();
//fungsi swapbuffer harus dipasang pada akhir Display_Grafik()
SwapBuffers(My_HDC_Global);
}
Demikian akhir dari tekstur 3D, program ini mirip dengan program yang ogut buat untuk tesktur 2D, selamat mencoba dan jangan lelah untuk belajar.
Salam Hangat selalu...karena matahari mulai muncul jadi hangat deh
Heriady
heriady.yoh@gmail.com
Download kode program untuk tekstur 3D disini, lengkap tanpa perlu ngetik dan copy paste.
Artikel terkait
Membuat file bitmap 24 bit
Membuat Empty Project
Program OpenGL 3D dengan Empy Project
Tekstur 2D dengan OpenGL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar