Petir Cakrawala

Halo rekan-rekan sekalian, perkenalkan Game 2D yang ogut buat dengan teman-teman ogut, game perang-perangan yang ogut beri nama "Petir Cakrawala".

Game tidak ogut buat sendiri, tetapi dibantu oleh 2 orang teman yaitu Deva dan Yoshe.

Bagi yang ingin belajar menbuat game sejenis halaman ini bisa dipakai untuk belajar, karena ogut akan membahasnya secara bertahap dari awal sekali. Program game ogut buat dengan Visual Studio 2013 Express.


Untuk proses belajarnya mudah sekali, rekan-rekan ikuti langkah-langkah di bawah ini secara berurutan.

1. Membuat Project Visual Studio 2013 Express
Pertama rekan-rekan belajar cara untuk membuat projet di Visual Studio 2013 Express, ogut sudah pernah membahasnya sehingga rekan-rekan tinggal klik link ini untuk belajarnya.

2. Teknik Masking Untuk Game 2D
Untuk menampilkan objek mesin-mesin perang di game 2D rekan-rekan harus belajar tentang tekstur, klik link ini untuk belajar tentang tekstur.

Setelah rekan-rekan belajar tentang tekstur di objek persegipanjang, langkah berikutnya belajar tentang teknik masking. Teknik masking bermanfaat untuk menampilkan mesin-mesin perang seperti helikopter, peluru, pesawat musuh dan lain-lain.

3. Membuat Background Game
Latar belakang game sangat penting untuk di buat, tanpa latar belakang/background maka game yang kita buat tidak akan menarik.


Untuk belajar membuat game klik link ini.

Ogut ingatkan kembali kepada rekan-rekan, jika ingin belajar membuat game dari halaman ini, bacalah isi artikel ini dari urutan nomor 1, supaya tidak bingung.

4. Suara Game
Game tanpa suara tidaklah seru, untuk itu game Petir Cakrawala juga ogut tambahkan suara yang dengan mudah dapat rekan-rekan ganti sesuai dengan selera rekan-rekan.

Game Petir Cakrawala menggunakan suara dengan format WAVE, ogut sudah pernah membahas masalah sound ini sehingga bagi rekan-rekan yang ingin belajar tinggal klik disini.

Agar lebih jelas rekan-rekan juga dapat klik disini, di halaman ini ogut menjelaskan lebih rinci tentang suara yang ogut gunakan untuk game ini.

5. Membuat Hely / Jagoan Game
Sebuah game pasti ada tokoh jagoan, untuk membuat tokoh jagoan rekan-rekan harus sudah menguasai tentang tekstur bitmap 24 bit dan teknik masking. Artikel tentang tekstur bitmap 24 bit sudah pernah ogut tulis, klik disini untuk membacanya. Sedangkan teknik masking selalu menggunakan warna putih dan warna hitam sempurna.


Tokoh jagoan Hely yang ogut buat untuk game ini terdiri dari dua bagian, yaitu badan hely dan baling-baling hely. Proses pembuatannya sudah pernah ogut beri contoh di artikel Membuat Program Hely 2D.

6. Menggerakkan Hely
Setelah jagoan tampil di game Anda maka langkah selanjutnya menggerakkan jagoan agar bisa bertempur di layar monitor Anda.Klik disini untuk lebih jelasnya.

7. Membuat Peluru Hely
Agar bisa berperang maka hely yang sudah kita buat sebelumnya harus dipersenjatai agar bisa maju ke medan perang.
Untuk membuat peluru hely silahkan klik disini.

8. Membuat Musuh
Jika hely siap untuk berperang maka tahap selanjutnya harus membuat lawan tanding/musuh bagi hely.

9. Membuat Bom
Jika musuh sudah siap saatnya dipersenjatai agar bisa berperang dengan hely. Salah satu senjata yang mudah kita buat untuk pesawat musuh adalah bom.

10. Deteksi Tabrakan
Program game ini menggunakan metode deteksi tabrakan yang sangat sederhana, dengan hanya menggunakan kondisi if yang tidak ribet, karena game ini memang diperuntukkan untuk pemula.

Deteksi tabrakan antara peluru hely dengan pesawat


Deteksi tabrakan antara hely dengan pesawat



Penjelasan singkat dan sederhana tentang deteksi tabrakan yang ogut gunakan untuk game ini silahkan rekan-rekan klik disini.

Salam Gamers


Heriady
heriady.yoh@gmail.com