Suatu hari dari depan laptopku, hari masih pagi sekali dan matahari belum muncul hanya ayam tetangga yang lagi repot-repotnya ngebangunin orang-orang. Hari ini ngeblog agak pagi karena ada chief instructor dari jepang akan datang.
Pagi rekan-rekan sekalian...
Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan contoh program blending yang sangat bermanfaat jika rekan-rekan ingin membuat objek 3D kaca dengan menggunakan tekstur bitmap 24 bit.
Pada gambar di atas rekan-rekan dapat melihat sebuah tekstur yang aku buat dari file bitmap 24 bit.
Dengan menggunakan blending maka tekstur tersebut akan dapat ditampilkan seperti kaca, Pada gambar rekan-rekan dapat melihat objek pohon yang berada di belakang kaca dapat dilihat melalui kaca karena kaca tembus cahaya.
Untuk membuat blending seperti ini rekan-rekan ngak perlu repot, karena OpenGL telah menyiapkan fungsi untuk ini.
Pertama gunakan fungsi berikut ini untuk membuat blending tekstur.
//blending kaca
glBlendFunc(GL_ONE_MINUS_SRC_ALPHA, GL_SRC_COLOR);
Jangan lupa untuk enable blending.
glEnable(GL_BLEND);
Disable setelah objek blending ditampilkan.
glDisable(GL_BLEND);
Contoh cara menampilkan objek kaca seperti berikut ini.
//kaca
//blending kaca
glBlendFunc(GL_ONE_MINUS_SRC_ALPHA, GL_SRC_COLOR);
glEnable(GL_BLEND);
glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, Tekstur_Kaca);
glBegin(GL_POLYGON);
glTexCoord2f(0, 0);
glVertex3f(-2.0f, -1.3f, -0.0f);
glTexCoord2f(1, 0);
glVertex3f(2.0f, -1.3f, -0.0f);
glTexCoord2f(1, 1);
glVertex3f(2.0f, 0.5f, -0.0f);
glTexCoord2f(0, 1);
glVertex3f(-2.0f, 0.5f, -0.0f);
glEnd();
glDisable(GL_BLEND);
Bagaimana tidak sulit bukan? Silahkan rekan-rekan mencoba dan selamat belajar.
Salam Hangat
Heriady
heriady.yoh@gmail.com
Download program ada disini, tinggal klik saja, ngak perlu repot-repot ngetik lagi.
Artikel terkait
Program dengan tekstur bitmap 24 bit
Program dengan tekstur TGA 32 bit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar