Jumat, 05 Juni 2015

Blending dengan OpenGL

Suatu hari dari depan laptopku, hari masih pagi sekali dan matahari belum muncul hanya ayam tetangga yang lagi repot-repotnya ngebangunin orang-orang. Hari ini ngeblog agak pagi karena ada chief instructor dari jepang akan datang.

Pagi rekan-rekan sekalian...
Pada kesempatan kali ini aku akan memberikan contoh program blending yang sangat bermanfaat jika rekan-rekan ingin membuat objek 3D kaca dengan menggunakan tekstur bitmap 24 bit.


Pada gambar di atas rekan-rekan dapat melihat  sebuah tekstur yang aku buat dari file bitmap 24 bit.


Dengan menggunakan blending maka tekstur tersebut akan dapat ditampilkan seperti kaca, Pada gambar rekan-rekan dapat melihat objek pohon yang berada di belakang kaca dapat dilihat melalui kaca karena kaca tembus cahaya.


Untuk membuat blending seperti ini rekan-rekan ngak perlu repot, karena OpenGL telah menyiapkan fungsi untuk ini.

Pertama gunakan fungsi berikut ini untuk membuat blending tekstur.

//blending kaca
glBlendFunc(GL_ONE_MINUS_SRC_ALPHA, GL_SRC_COLOR);

Jangan lupa untuk enable blending.

glEnable(GL_BLEND);

Disable setelah objek blending ditampilkan.

glDisable(GL_BLEND);

Contoh cara menampilkan objek kaca seperti berikut ini.

    //kaca
    //blending kaca
    glBlendFunc(GL_ONE_MINUS_SRC_ALPHA, GL_SRC_COLOR);
    glEnable(GL_BLEND);
    glBindTexture(GL_TEXTURE_2D, Tekstur_Kaca);

    glBegin(GL_POLYGON);
    glTexCoord2f(0, 0);
    glVertex3f(-2.0f, -1.3f, -0.0f);
    glTexCoord2f(1, 0);
    glVertex3f(2.0f, -1.3f, -0.0f);
    glTexCoord2f(1, 1);
    glVertex3f(2.0f, 0.5f, -0.0f);
    glTexCoord2f(0, 1);
    glVertex3f(-2.0f, 0.5f, -0.0f);
    glEnd();
    glDisable(GL_BLEND);

Bagaimana tidak sulit bukan? Silahkan rekan-rekan mencoba dan selamat belajar.

Salam Hangat


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Download program ada disini, tinggal klik saja, ngak perlu repot-repot ngetik lagi.


Artikel terkait
Program dengan tekstur bitmap 24 bit
Program dengan tekstur TGA 32 bit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar