Kamis, 21 Mei 2015

Membuat Project Win32 Console Application di Visual Studio 2013

Dari depan laptop, baru bangun dan belum mandi, udah ngopi dan sarapan roti

Helo semunya...

Hari ini kita semua akan memulai belajar tentang pemrograman grafik, sebelum mulai ada yang harus aku jelaskan sedikit tentang bahasa pemrograman yang aku  pilih untuk membuat program grafik.

Bahasa yang dipilih menggunakan C++ dengan compiler Visual Studio 2013 Express. VS 2013 Express dapat Anda download dan gratis dari Microsoft. Di dalam VS 2013 terdapat juga bahasa pemrograman lain yang dapat dipilih, tetapi berikut ini aku hanya akan menjelaskan cara untuk membuat Project Win32 Console Application, yaitu project yang akan digunakan untuk membuat program grafik OpenGL yang sangat sederhana.

Kenapa dipilih project yang ini, karena program OpenGL yang akan kita buat akan sangat mudah untuk dimengerti. heheheheheh...

OK langsung saja kita mulai ya.

Pertama jalankan Visual Studio 2013 di komputer Anda, hingga muncul tampilan seperti di bawah ini nih.


Kedua pilih File, lalu pilih New Project, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.


Langkah ketiga pilih Visual C++, lalu Win32 Console Application, tentukan nama project (contoh Pertama_OpenGL_2D), tentukan letak folder (contoh D:\HeriadyBlog\). Anda dapat menggunakan tombol Browse (no. 5) untuk menampilkan folder di komputer Anda. Dan terakhir klik tombol OK (no. 6).


Keempat, setelah tombol OK Anda klik maka akan  muncul tampilan seperti di bawah ini (Win32 Application Wizard). Klik aja tombol Finish jangan klik tombol yang lain yah...ntar dosa lho.....


Kelima, setelah tombol Finish Anda klik maka project baru telah selesai Anda buat dan Anda dapat memulai mengetik kode program ditempat yang telah disediakan.


Selesai dah urusan membuat project Win32 Console Application, mudah kan, coba sekali habis itu langsung merem deh untuk yang kedua kali.