Jumat, 22 Mei 2015

Membuat Empty Project di Visual Studio 2013

Dari pojok kamar dekat jendela, matahari belum muncul dan ayam tetangga terus berkokok

Pagi rekan-rekan sekalian...

Kali ini aku akan membahas tentang cara membuat Empty Project di Visual Studia 2013, kenapa ini perlu dibahas? Kenapa tidak mengggunakan Win32 Console Application saja? Jawabnya karena Empty Project bisa membuat program grafik OpenGL lebih leluasa, seperti game Darfo yang aku buat. Empty Project bisa membuat seorang  programmer lebih mudah untuk berkreasi, tetapi kode programnya lebih panjang (lebih panjang dikit aja, dan kagak perlu bayar lebih lagi).

Ok sekarang kita mulai yah (serius nih...)

Pertama jalankan Visual Studio di komputer rekan-rekan (komputernya jangan disuruh jalan, Visual Studionya aja yang di suruh jalan), sehingga tampil seperti tampilan di bawah ini.


Kedua, pilih menu File dan pilih New Project seperti gambar berikut ini nih. 


Ketiga, jika sudah muncul window New Project, pilih Visual C++, Empty Peoject, beri nama project (no. 3), tentukan folder project (no. 4), dan terakhir klik tombol OK.


Tunggu beberapa saat hingga muncul seperti gambar dibawah ini. Keempat klik kanan pada tulisan Empty_Project_OpenGL_2D yang diberi tanda merah (jangan klik kiri, kalo klik kiri ngak mau dia).


Kelima, setelah Anda klik kanan pilihlah Add dan New Item.


Keenam, pilih C++ File (cpp), ketik nama file cpp yang hendak Anda tambahkan, lalu klik tombol Add.


Ketujuh dan terakhir, Empty Project telah jadi dan rekan-rekan bisa mulai mengetik kode program ditempat yang telah disediakan (jangan di tempat tetangga ya, ntar disuruh bayar lho...heheheh)


Terima kasih karena sudah membaca artikel ini, aku berharap dapat mebantu rekan-rekan semuanya. Empty Project sengaja aku tambahkan agar rekan-rekan bisa lebih berkreasi lagi hingga ke tingkat ahli, jangan pemula terus malu sama adik-adik kelas, tetangga dan ama ortu...heheheh


Salam Sukses


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Artikel terkait