Sabtu, 09 Januari 2016

Menghitung Luas Segitiga dengan Vektor



Selamat Pagi rekan-rekan sekalian, kali ini ogut akan membagikan artikel untuk melengkapi artikel deteksi tabrakan objek game (antara objek segitiga dan titik) yang telah ogut tulis sebelumnya.

Artikel kali ini akan membahas cara untuk menghitung luas segitiga dengan memanfaatkan vektor. Luas segitiga ogut pakai untuk mendeteksi tabrakan antara objek segitiga dan titik, sehingga bagi rekan-rekan yang masih bingung cara untuk menghitung luas segitiga dengan vektor inilah penjelasannya.


Perhatikanlah gambar di atas, dari gambar tersebut sebuah segitiga pasti mempunyai alas dan tinggi. Untuk menghitung luas segitiga merah tersebut caranya mudah saja kalikan alas dan tinggi lalu bagi 2.

Luas Segitiga Merah = 0.5 x alas x tinggi

Untuk mencari nilai tinggi segitiga merah kita beri nama untuk masing-masing titik koordinat dengan A, B dan C, seperti gambar berikut ini.


Lalu buat dua buah vektor BA dan BC.


Untuk memahami cara membuat vektor rekan-rekan bisa membaca artikel tentang vektor R2 di link ini. Berikutnya proyeksikan vektor BA ke vektor BC sehingga menghasilkan Vektor Proyeksi, seperti gambar di bawah ini.


Lalu buat Vektor Tinggi seperti gambar berikut, Vektor Tinggi dapat dihitung dengan cara Vektor BA dikurangi Vektor Proyeksi.


Sehingga

Vektor BA = Vektor Proyeksi + Vektor Tinggi

atau

Vektor Tinggi = Vektor BA - Vektor Proyeksi

Dengan diketahuinya Vektor Tinggi, maka panjang Vektor Tinggi dapat diketahui dan tinggi segitiga merah juga akan diketahui. Dengan diketahui alas dan tinggi segitiga merah maka luas segitiga akan dapat dihitung.

Untuk membaca teori tentang deteksi tabrakan segitga dan titik yang menggunakan luas segitiga rekan-rekan bisa klik link berikut ini.


Dan contoh program deteksi tabrakan objek segitiga dengan titik sudah ogut bahas, rekan-rekan tinggal klik link ini.


Demikianlah rekan-rekan cara mencari luas segitiga dengan menggunakan vektor, semoga penjelasan sederhana ini berguna.

Salam Matematika Vektor


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


 Artikel terkait
Algoritma Deteksi Tabrakan Objek Game Dengan Sudut Vektor

Teori Deteksi Tabrakan Objek Segitiga dan Titik

Deteksi Tabrakan Game OpenGL (Segitiga dan Titik)

Deteksi Tabrakan dengan (Skala) Proyeksi Vektor

Mendeteksi Posisi dengan Vektor Proyeksi

Animasi Game 2D dengan Translasi

Deteksi Tabrakan dengan Panjang Vektor / Radius

Vektor R2

2 komentar: