Minggu, 10 Januari 2016

Algoritma Deteksi Tabrakan Objek Game Dengan Sudut Vektor

Hai-hai, selamat pagi semuanya, kembali lagi ogut nge-blog dan kali ini ogut akan menjelaskan teori deteksi tumbukan / tabrakan objek game dengan menggunakan sudut vektor.

Yang ogut bahas kali ini hanya teorinya saja, program contoh belum ogut buat tetapi akan segera ogut buat dan ogut posting untuk membuktikan teori yang ogut tulis kali ini.

Ok kita langsung saja ya....serius nih....

Perhatikanlah gambar di bawah ini, segitiga ABC dan sebuah titik P.


Jika titik P berada di dalam segitiga ABC maka terjadi tabrakan / tumbukan, untuk menentukan terjadinya tabrakan atau tidak antara titik P dan segitiga ABC, gunakan sudut vektor seperti berikut ini.

Kita mulai dari titik A. buat dua vektor yaitu vektor AB dan vektor AC, lalu hitung sudut yang dibentuk kedua vektor (sudut A°)


Langkah selanjutnya, buat vektor AP, lalu hitung sudut antara vektor AB dengan vektor AP (sudut AB°) lalu hitung juga sudut antara vektor AC dengan vekotr AP (sudut AC°).

Kondisi I : Sudut A° = Sudut AB° + Sudut AC°


Kita Lanjut ke titik B, buat dua vektor yaitu vektor BA dan vektor BC, Hitung sudut antara vektor BA dan vektor BC (sudut B°)


Berikutnya, buat vektor BP seperti gambar di bawah ini. Hitung sudut antara vektor BA dan vektor BP (sudut BA°). Lalu hitung juga sudut antara vektor BC dan vektor BP (sudut BC°)

Kondisi II : Sudut B° = Sudut BA° + Sudut BC°


Terakhir titik C, buat dua buah vektor yaitu vektor CA dan vektor CB, kemudian hitung sudut antara kedua vektor tersebut (sudut C°).


Langkah terakhir buat vektor CP, lalu hitung sudut antara vektor CA dan vektor CP (sudut CA°). Kemudian hitung juga sudut antara vektor CB dan vektor CP (sudut CB°).

Kondisi III : Sudut C° = Sudut CA° + Sudut CB°


Jadi kesimpulannya, jika 3 kondisi di atas memenuhi, maka dapat dipastikan  titik P berada di dalam segitiga ABC.

Update 11 Jan 2016

Program Deteksi Tabrakan Dengan Sudut Vektor sudah ogut buat dan ogut posting, klik link ini untuk menuju ke artikelnya. Dan bagi rekan-rekan yang belum pernah belajar tentang vektor R2, Anda dapat klik link  ini.


Demikian rekan-rekan teori sederhana ini ogut tulis di blog ini, semoga bermanfaat dan dapat menjadi alternatif bagi Anda para programmer untuk membuat game 2D, selamat berkarya.

Salam


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Artikel terkait

Program Deteksi Tumbukan / Tabrakan Dengan Sudut Vektor

Deteksi Tabrakan Game OpenGL (Segitiga dan Titik)

Menghitung Luas Segitiga dengan Vektor

Teori Deteksi Tabrakan Objek Segitiga dan Titik

Deteksi Tabrakan dengan (Skala) Proyeksi Vektor

Mendeteksi Posisi dengan Vektor Proyeksi

Animasi Game 2D dengan Translasi

Deteksi Tabrakan dengan Panjang Vektor / Radius

Vektor R2