Kamis, 05 November 2015

Jack Onil Bab-8 Timer

Timer dibutuhkan untuk menghitung waktu tertentu, contohnya pada saat menentukan kecepatan item logistik jatuh. Dengan menggunakan timer kecepatan item logistik bisa diatur agar semakin cepat.


Contoh lain yang membutuhkan timer adalah kecepatan Jack Onil untuk berpindah tempat. Melihat kedua contoh di atas maka timer dalam suatu program game sangat berperan, tidak hanya pada game ini saja tetapi pada semua game.

Fungsi yang ogut buat di bawah ini dipakai untuk menghitung timer dalam satuan milidetik. Fungsi akan menghasilkan nilai true jika waktu timer telah terlewati, tetapi jika waktu timer belum habis maka fungsi akan menghasilkan nilai false.

Type Object_Timer
    TFirst As Long
    TSecond As Long
    TDelay As Long

    TGetFirst As Boolean
End Type

Public Function My_Timer( _
            Timer_P As Object_Timer) As Boolean
   
    'jika delay = 0, fungsi langsung
    'keluar dengan nilai true
    If Timer_P.TDelay = 0 Then
        My_Timer = True
        Exit Function
    End If
   
    'waktu awal untuk timer diisi
    If Timer_P.TGetFirst Then
        Timer_P.TFirst = GetTickCount
       
        'agar waktu awal tidak diisi
        'secara berulang-ulang
        Timer_P.TGetFirst = False
    End If
       
    'waktu kedua untuk timer diisi
    Timer_P.TSecond = GetTickCount
       
    'jika selisih waktu awal dengan waktu kedua
    'lebih dari delay maka return true
    If (Timer_P.TSecond - Timer_P.TFirst) _
                        > Timer_P.TDelay Then
                       
        'kembalikan ke nilai awal(true)
        Timer_P.TGetFirst = True
           
        My_Timer = True
        Exit Function
    End If
   
    My_Timer = False
End Function

Untuk menggunakan fungsi di atas Anda harus mengisi dua nilai yaitu TDelay dan TGetFirst.

TDelay diisi dengan waktu timer dalam satuan milidetik sedangkan TGetFirst harus diisi dengan nilai true.

Salam Jack Onil


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Artikel terkait

Membuat Game dengan VB 6