Jumat, 30 Oktober 2015

Jack Onil Bab-1 Tahap Awal

Untuk membuat sebuah game, bahkan yang paling sederhana diperlukan beberapa elemen  yang mutlak, artinya elemen tersebut harus ada dan tidak dapat digantikan.


1.1 Hardware
Artinya peralatan yang diperlukan untuk membuat dan menjalankan game. Terkadang untuk membuat game agar dapat dimainkan di suatu konsol atau hardware diperlukan hardware yang lain. Sebagai contoh untuk membuat game yang berjalan pada telepon genggam(HP) diperlukan sebuah PC. Tetapi untuk membuat game yang berjalan pada PC tidak diperlukan hardware lain, cukup PC itu sendiri yang berperan ganda.

Pada game yang hendak ogut bahas tidak diperlukan spesifikasi hardware yang tinggi, PC yang dibutuhkan untuk membuat game pada blog ini adalah PC yang umum dipakai  oleh masyarakat pada saat ini. PC tersebut tidak memerlukan memory yang besar, VGA card yang tinggi, serta kapasitas hard disk yang besar.

Ogut ingin agar tulisan ini bisa dibaca dan dipraktekkan secara langsung oleh Anda dari segala lapisan.

1.2 Software
Kompiler yang ogut pakai untuk membuat program game pada buku ini adalah Visual Basic 6.0. Visual Basic atau biasa kita sebut dengan VB sangat popular di Indonesia karena kemudahan yang ditawarkan. Hasil survei yang ogut lakukan di berbagai lembaga pendidikan komputer dan di berbagai milis di internet menempatkan VB sebagai bahasa popular yang banyak dipakai oleh berbagai lapisan programmer dari tingkat pemula sampai tingkat mahir.

Software lain yang mendukung untuk membuat game adalah pengelolah image dan software pengelolah efek suara. Buku-buku yang membahas tentang kedua software tersebut dapat Anda temukan di toko buku yang tersebar di kota-kota di Indonesia.

1.3 Ide Game
Ide untuk membuat sebuah game bisa datang dari mana saja, dan untuk memulai membuat sebuah game cukup dari sebuah ide yang sederhana, tidak perlu yang luar biasa hebat dan ambisius.

Beberapa game lahir dari ide yang sederhana tetapi sangat sukses di pasaran, contohnya Pacman dan Digger.

1.4 Individu
Faktor ini sangat berperan  pada pembuatan sebuah game, yang ogut maksud dengan individu adalah keahlian yang dimiliki oleh pembuat game, baik secara perorangan atau secara grup.

Keahlian ini termasuk keahlian untuk pemrogramman serta penguasaan terhadap ilmu penunjang lainnya seperti matematika dan fisika.

Semua game yang dibuat pasti memerlukan setidaknya matematika yang sederhana untuk membantu menyelesaikan perhitungan. Contoh proses pada game yang memerlukan perhitungan matematika adalah proses deteksi tabrakan.

Salam Jack Onil


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Artikel terkait

Membuat Game dengan VB 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar