Sabtu, 31 Oktober 2015

Jack Onil Bab-2 Visual Basic dan OpenGL

Seperti yang telah ogut ungkapkan sebelumnya, program game pada blog ini akan dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6.0, berikut adalah cara memulai pemrograman dengan Visual Basic dan OpenGL.


2.1 Membuat Proyek Visual Basic
Pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah folder yang akan dipakai untuk meletakkan file-file Visual Basic. Pada kasus ini ogut membuat sebuah folder dengan nama Bab2_Awal.

Salin(copy) file vbogl.tlb ke dalam folder Bab2_Awal. File vbogl.tlb ogut sertakan, file tersebut merupakan hasil download dari internet.

Langkah berikutnya jalankan Visual Basic 6.0, lalu pilih Standard EXE dan klik tombol Open.


Pilih menu Project, lalu pilih References.


Klik Browse.


Cari file vbogl.tlb yang telah disiapkan sebelumnya, lalu klik tombol Open.


Cari VB OpenGL API 1.2 (ANSI) pada pilihan reference, dan klik pada checkbox, lalu klik tombol OK.


Setelah proses memilih OpenGL reference selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah melakukan setting terhadap proyek Visual Basic. Caranya klik kanan pada Project1(Project1), pilih Project1 Properties.


Gantilah Form1 dengan Sub Main pada Startup Object, lalu klik tombol OK.


Setelah seting proyek selesai, langkah berikutnya menyiapkan form pada Visual Basic agar dapat dipakai untuk pemrograman grafik.

Ubahlah properties Form1 menjadi seperti berikut.



Setelah properties Form1 selesai diubah, langkah berikutnya adalah menambahkan module.

Klik kanan pada Project1(Project1) pilih Add, Module.


Klik tombol Open


Setelah proses penambahan module selesai, Visual Basic siap untuk digunakan membuat program.


2.2 Program Grafik dengan OpenGL
Pada subbab ini ogut akan membahas tentang dasar pemrograman grafik dengan OpenGL. Ogut tidak akan menerangkan OpenGL secara rinci, tetapi akan ogut terangkan secara garis besar, dan itu cukup sebagai bekal untuk membuat sebuah game.

Pertama kali yang harus diperhatikan adalah main program. Di dalam main program terdapat looping untuk mendeteksi keyboard dan proses render.

'Sub utama yang dijalankan paling awal
'oleh Visual Basic
Private Sub Main()
    Dim My_Form As Form
     
    Selesai = False
    
    Set My_Form = New Form1
        
    'jika form untuk OpenGL gagal dibuat
    'maka program akan berhenti
    If Not Create_OpenGL(My_Form, _
                        My_hrc, _
                        Xmax, Ymax) Then
        Selesai = True
    End If
    
    Inisialisasi_OpenGL
    
        
    'main looping
    Do While Not Selesai
    
        'deteksi keyboard dan proses render
        'diulang hingga selesai
        Keyboard_Ditekan
        Render_Objek
        
        'swapbuffer dan doevent
        SwapBuffers (My_Form.hDC)
        DoEvents
    Loop
    
    Unload My_Form
    Closing_OpenGL My_hrc
        
    Set My_Form = Nothing
    End  'quit program
    
End Sub

Pada saat main program dijalankan OpenGL harus kita deklarasikan agar menyatu dengan Visual Basic dan dapat ditampilkan dengan form yang telah kita buat.

Public Function Create_OpenGL _
                (OpenGL_form As Form, _
                P_hrc As Long, _
                P_Xmax As Integer, _
                P_Ymax As Integer) As Boolean
                
    Dim VB_Pixel_Format As Integer
    Dim Pixel_Format_Desc As PIXELFORMATDESCRIPTOR
    
    'variabel yang dibutuhkan
    'untuk setup pixel format
    Pixel_Format_Desc.nSize = Len(Pixel_Format_Desc)
    Pixel_Format_Desc.nVersion = 1
    Pixel_Format_Desc.dwFlags = PFD_DRAW_TO_WINDOW _
                                Or _
                                PFD_SUPPORT_OPENGL _
                                Or _
                                PFD_DOUBLEBUFFER
    Pixel_Format_Desc.iPixelType = PFD_TYPE_RGBA
    Pixel_Format_Desc.cColorBits = 16
    Pixel_Format_Desc.cRedBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cRedShift = 0
    Pixel_Format_Desc.cGreenBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cGreenShift = 0
    Pixel_Format_Desc.cBlueBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cBlueShift = 0
    Pixel_Format_Desc.cAlphaBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cAlphaShift = 0
    Pixel_Format_Desc.cAccumBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cAccumRedBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cAccumGreenBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cAccumBlueBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cAccumAlphaBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cDepthBits = 16
    Pixel_Format_Desc.cStencilBits = 0
    Pixel_Format_Desc.cAuxBuffers = 0
    Pixel_Format_Desc.iLayerType = PFD_MAIN_PLANE
    Pixel_Format_Desc.bReserved = 0
    Pixel_Format_Desc.dwLayerMask = 0
    Pixel_Format_Desc.dwVisibleMask = 0
    Pixel_Format_Desc.dwDamageMask = 0

    'tentukan pixel format terbaik
    VB_Pixel_Format = ChoosePixelFormat _
                    (OpenGL_form.hDC, _
                    Pixel_Format_Desc)
    
    'jika program tidak menemukan
    'pixel format terbaik untuk program ini
    'maka program dihentikan
    If VB_Pixel_Format = 0 Then
        MsgBox "Pixel format error," + _
                " program terminated", _
                vbOKOnly, "Starting Error 01"
                
        Closing_OpenGL P_hrc
        End  'quit program
    End If

    'proses pixel format berdasarkan
    'VB_Pixel_Format
    If SetPixelFormat(OpenGL_form.hDC, _
                    VB_Pixel_Format, _
                    Pixel_Format_Desc) = 0 Then
                    
        MsgBox "Set pixel format error," + _
                " program terminated", _
                vbOKOnly, "Starting Error 02"
                
        Closing_OpenGL P_hrc
        End  'quit program
    End If
    
    'buat Rendering Context
    P_hrc = wglCreateContext(OpenGL_form.hDC)
    
    'jika redering context gagal dibuat
    If P_hrc = 0 Then
        MsgBox "Create rendering context error," + _
                " program terminated", _
                vbOKOnly, "Starting Error 03"
                
        Closing_OpenGL P_hrc
        End  'quit program
    End If

    'aktifkan Rendering Context
    If wglMakeCurrent(OpenGL_form.hDC, _
                    P_hrc) = 0 Then
                    
        MsgBox "Rendering context can not be" + _
                " activated, program terminated", _
                vbOKOnly, "Starting Error 04"
                
        Closing_OpenGL P_hrc
        End  'quit program
    End If
    
    'aktifkan form Visual Basic
    OpenGL_form.Show
    SetForegroundWindow OpenGL_form.hWnd
    OpenGL_form.SetFocus
    
    'create screen game
    glViewport 0, 0, OpenGL_form.ScaleWidth, _
                        OpenGL_form.ScaleHeight
    glMatrixMode mmProjection
    glLoadIdentity
        
    'seting koordinat kartesius 2D screen game
    gluOrtho2D -P_Xmax, P_Xmax, -P_Ymax, P_Ymax
    glMatrixMode mmModelView
    glLoadIdentity
        
    'jika semua berjalan lancar,
    'fungsi mengembalikan nilai true
    Create_OpenGL = True
End Function

Di dalam fungsi di atas terdapat bagian yang dipakai untuk setting pixel format, semua program grafik harus mempunyai fungsi ini.

Jika program telah selesai maka OpenGL yang telah dibuat sebelumnya harus ditutup, dengan menggunakan sub di bawah.

Public Sub Closing_OpenGL(P_hrc As Long)
    If wglMakeCurrent(0, 0) = 0 Then
        MsgBox "Release device context error", _
                vbOKOnly, "Closing Error 01"
    End If

    If wglDeleteContext(P_hrc) = 0 Then
        MsgBox "Delete rendering context error", _
                vbOKOnly, "Closing Error 02"
    End If
    
    P_hrc = 0
End Sub

Sedangkan untuk menampilkan objek-objek game ke layar monitor caranya sangat sederhana, cukup dengan  sub di bawah ini.

Private Sub Render_Objek()
    Dim i As Integer
    glClear clrColorBufferBit Or _
            clrDepthBufferBit
    glLoadIdentity
    
    'letakkan objek yang hendak ditampilkan
    'ke layar monitor di bawah ini
    '======================================
    
End Sub

Sub Keyboard_Ditekan ogut sertakan agar program bisa dhentikan oleh user.

Private Sub Keyboard_Ditekan()
    
    'keluar dari program bila Escape ditekan
    If (GetKeyState(vbKeyEscape) And &H1000) Then
        Selesai = True
    End If
    
End Sub

Jika semua fungsi dan sub di atas disertakan pada proyek Visual Basic, maka dasar program grafik untuk membuat sebuah game telah jadi. Coba jalankan proyek Visual Basic yang ada pada folder Bab2_FirstOpenGL. Hasilnya akan didapat sebuah tampilan window(screen game) berwarna abu-abu.

2.3 Grafik 2D
Untuk membuat titik, garis dan persegipanjang ubahlah sub Render_Objek menjadi seperti di bawah.

Private Sub Render_Objek()
    Dim i As Integer
    glClear clrColorBufferBit Or _
            clrDepthBufferBit
    glLoadIdentity
    
    
    'membuat titik dengan ukuran 4 pixel
    glPointSize 4
    glBegin bmPoints
        glVertex2i 500, 500
    glEnd
    
    'membuat titik dengan ukuran 8 pixel
    glPointSize 8
    glBegin bmPoints
        glVertex2i 400, 400
    glEnd
    
    'membuat garis
    glBegin bmLines
        glVertex2i -700, 700
        glVertex2i -200, 200
    glEnd
    
    'membuat persegipanjang
    glBegin bmLineLoop
        glVertex2i -300, -500
        glVertex2i 300, -500
        glVertex2i 300, 100
        glVertex2i -300, 100
    glEnd
    
    
End Sub

Jika program dijalankan akan tampak hasil seperti gambar di bawah.


glBegin dan glEnd  dipakai untuk membuat bentuk grafik 2D dan titik koordinat(vertex) dapat ditentukan posisinya dengan fungsi glVertex2i.

2.4 Render
Proses render adalah proses untuk memberi tekstur pada suatu bentuk grafik 2D. Bentuk yang bisa diberi tekstur adalah bentuk yang tertutup dan minimal mempunyai tiga titik koordinat, contohnya segitiga atau persegipanjang.

Untuk lebih jelas tentang proses render perhatikan gambar di bawah.


Gambar di atas adalah gambar sebuah persegipanjang dan sebuah tekstur, jika persegipanjang diproses render dengan sebuah tekstur maka akan didapat hasil seperti di bawah.

Untuk melakukan render diperlukan sebuah tekstur, ogut memakai tekstur yang berasal dari file bitmap(.bmp).

File bitmap tersebut harus diubah dahulu menjadi sebuah tekstur sebelum digunakan untuk render. Fungsi di bawah adalah fungsi yang dipakai untuk mengubah sebuah file bitmap  menjadi sebuah tekstur.

Public Function Create_Texture( _
                    ID_Texture As GLuint, _
                    Filename As String) As Boolean

    Dim bmpFileH As BITMAPFILEHEADER
    Dim bmpInfoH As BITMAPINFOHEADER
    
    Dim My_Free_File As Integer
    Dim Image_Size As Long
    Dim Pixel_Size As Integer

    Dim bmpdata() As Byte
    Dim temp_texture As GLuint
    Dim Lebar_bmp As Integer
    Dim Tinggi_bmp As Integer
               
    My_Free_File = FreeFile()
  
    'Open the file
    Open App.Path & Filename _
            For Binary As My_Free_File
                                
    'Read Image Header
    Get My_Free_File, , bmpFileH
    Get My_Free_File, , bmpInfoH
      
    Pixel_Size = bmpInfoH.biBitCount / 8
          
    'hitung image size dan siapkan tempat
    Image_Size = bmpInfoH.biWidth * _
                bmpInfoH.biHeight * Pixel_Size
    ReDim bmpdata(Image_Size)
        
    Lebar_bmp = bmpInfoH.biWidth
    Tinggi_bmp = bmpInfoH.biHeight
               
    'Read Image Data
    Get My_Free_File, , bmpdata
    Close My_Free_File
    
    'jika tekstur gagal dibuat
    If Lebar_bmp = 0 And Tinggi_bmp = 0 Then
        Create_Texture = False
        MsgBox "BMP error, program terminated", _
                vbOKOnly, Filename
                
        Exit Function
    End If
    
    'generate tekstur
    glGenTextures 1, temp_texture
    glBindTexture glTexture2D, temp_texture
    
    glTexParameteri glTexture2D, _
                    tpnTextureMinFilter, GL_NEAREST
    glTexParameteri glTexture2D, _
                    tpnTextureMagFilter, GL_NEAREST
    
    glTexParameteri glTexture2D, _
                    tpnTextureWrapT, GL_REPEAT
    glTexParameteri glTexture2D, _
                    tpnTextureWrapS, GL_REPEAT
    
    gluBuild2DMipmaps glTexture2D, GL_RGB, _
                        Lebar_bmp, Tinggi_bmp, _
                        GL_BGR_EXT, _
                        GL_UNSIGNED_BYTE, _
                        VarPtr(bmpdata(0))
    
    glTexImage2D glTexture2D, 0, GL_RGB, _
                        Lebar_bmp, Tinggi_bmp, _
                        0, GL_BGR_EXT, _
                        GL_UNSIGNED_BYTE, _
                        bmpdata(0)
                        
    Erase bmpdata
    
    ID_Texture = temp_texture
    
    'jika semua ok return true
    Create_Texture = True
End Function

Sedangkan untuk menempelkan tekstur ke sebuah persegipanjang caranya sangat sederhana, cukup dengan memberikan koordinat tekstur di setiap vertex persegipanjang.

Private Sub Render_Objek()
    Dim i As Integer
    glClear clrColorBufferBit Or _
            clrDepthBufferBit
    glLoadIdentity
    
    'memilih tekstur yang akan digunakan
    'untuk render
    glBindTexture glTexture2D, tekstur
    
    'membuat persegipanjang
    glBegin bmPolygon
        glTexCoord2f 0#, 0: glVertex2i -400, -300
        glTexCoord2f 1#, 0: glVertex2i 400, -300
        glTexCoord2f 1#, 1: glVertex2i 400, 300
        glTexCoord2f 0#, 1: glVertex2i -400, 300
    glEnd
    
End Sub

Untuk lebih jelas tentang proses render silakan Anda menjalankan program pada folder Bab2_Render.

2.5 Masking
Masking adalah tehnik yang dipakai untuk membuat game 2D. Untuk lebih mengenal tehnik ini perhatikan gambar di bawah.


Jika kedua gambar di atas ditampilkan pada posisi yang sama secara berurutan akan didapat hasil seperti di bawah.


Dengan tehnik di atas Anda bisa menampilkan objek-objek game seperti pesawat, tank dan lain-lain.

Untuk menampilkan sebuah objek game ke layar monitor diperlukan dua buah tekstur, cara pembuatan kedua tekstur ini akan ogut bahas pada bagian selanjutnya.

Berikut ini adalah listing program untuk menampilkan sebuah objek game dengan tehnik masking.

Private Sub Render_Objek()
    Dim i As Integer
    glClear clrColorBufferBit Or _
            clrDepthBufferBit
    glLoadIdentity
    
    'tehnik masking
    '============================================
    glEnable GL_BLEND
    
    glBlendFunc GL_DST_COLOR, GL_ZERO
    glBindTexture GL_TEXTURE_2D, tekstur_mask
    glBegin bmPolygon
        glTexCoord2f 0#, 0: glVertex2i -150, -300
        glTexCoord2f 1#, 0: glVertex2i 150, -300
        glTexCoord2f 1#, 1: glVertex2i 150, 300
        glTexCoord2f 0#, 1: glVertex2i -150, 300
    glEnd
    
    glBlendFunc GL_ONE, GL_ONE
    glBindTexture GL_TEXTURE_2D, tekstur_image
    glBegin bmPolygon
        glTexCoord2f 0#, 0: glVertex2i -150, -300
        glTexCoord2f 1#, 0: glVertex2i 150, -300
        glTexCoord2f 1#, 1: glVertex2i 150, 300
        glTexCoord2f 0#, 1: glVertex2i -150, 300
    glEnd
    
    glDisable GL_BLEND
    '============================================
    
End Sub

Anda dapat menemukan program ini di folder Bab2_Masking. 


Salam Jack Onil


Heriady
heriady.yoh@gmail.com




Artikel terkait

Membuat Game dengan VB 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar