Minggu, 24 Mei 2015

Membuat Tekstur Mask

Masih subuh, ditemani oleh Green Day 'Wake Me Up When September Ends' dan kopi, ayam tetangga belum bangun rupanya...mungkin semelem habis malem mingguan ama pacarnya...hehehehe

Salam Sukses selalu rekan-rekan...

Postingan kali ini tidak akan membahas tentang program (rekan-rekan jangan kecewa ya), tapi akan membahas tentang cara membuat tekstur mask yang digunakan untuk teknik masking. Seperti yang telah aku jelaskan di artikel sebelumnya tekstur untuk teknik masking menggunakan file bitmap 24 bit dengan warna latar belakang putih sempurna dan hitam sempurna.


Untuk menyamakan istilah aku memakai nama tekstur mask untuk  yang berlatar belakang putih sempurna dan tekstur image untuk yang berlatar hitam sempurna, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Banyak program pengolah citra / image yang bisa dipakai untuk membuat tekstur, tapi kali ini aku hanya akan membahas cara menggunakan Photoshop versi 7.0 untuk membuat tekstur (maaf ya Photoshop nya versi jadul banget, karena laptop ogut ngak sanggup jika pakai versi terbaru).

Ok kita langsung saja ya....

Langkah pertama jalankan Photoshop 7.0 di komputer Anda hingga tampak seperti gambar di bawah ini.


Tekan Ctrl+N untuk membuat file baru dengan ukuran lebar 100 pixel dan tinggi 100 pixel, lalu klik tombol OK.


Setelah tampil canvas baru dengan ukuran 100X100 pixel, klik Custom Shape Tool hingga tampil daftar gambar Shape yang dapat kita pilih. Pilih sebuah gambar, pada contoh ini aku memilih gambar seorang laki-laki.


Klik pada canvas tahan tombol mouse, lalu drag dan lepaskan tombol mouse, hingga terbentuk sebuah gambar seperti di bawah.


Langkah berikutnya kita harus mengubah warna gambar dengan cara klik pada Set foreground color hingga tampil window Color Picker, pilihlah warna sesuai dengan selera Anda, lalu klik tombol OK.


Tekan tombol Alt+Backspace untuk mengganti warna objek, tetapi pastikan dahulu layer yang hendak diganti sedang aktif.


Langkah berikutnya kita akan mengganti warna Background menjadi warna hitam sempurna. Klik layer Background, lalu klik Set foreground color, hingga tampil window Color Picker.


Berikutnya pilih warna hitam sempurna dengan menggerakkan mouse ke bagian kiri bawah hingga nilai R=0, G=0, dan B=0, lalu klik tombol OK.


Selanjutnya tekan tombol Alt+Backspace, untuk mengganti warna Background menjadi warna hitam sempurna.


Save canvas di atas dengan nama Texture_Image.psd, lalu Save As dengan format bitmap dan beri nama Texture_Image.bmp (pilih Depth=24 bit).

Sampai dengan langkah di atas Anda telah berhasil membuat sebuah file bitmap yang akan kita pakai sebagai tekstur image. Berikutnya kita harus membuat file bitmap yang nantinya akan dipakai sebagai tekstur mask.

Jangan tutup hasil akhir dari pekerjaan Anda sebelumnya, sebab langkah berikutnya merupakan kelanjutan dari pekerjaan sebelumnya.

Save As kembali pekerjaan Anda dengan nama Texture_Mask.psd. Kita akan mengubah warna Background menjadi warna putih sempurna. Klik pada layer Background, lalu klik pada Set foreground color, hingga tampil window Color Picker.


Gerakkan mouse ke kiri atas, perhatikan nilai dari R=255, G=255, dan B=255, lalu klik tombol OK.


Tekan Alt+Backspace untuk mengganti warna Background menjadi putih sempurna.


Sekarang kita akan mengubah warna objek orang menjadi warna hitam sempurna. Klik pada layer Shape1, lalu klik Set foreground color hingga tampil window Color Picker.


Pilih warna hitam sempurna dengan cara seperti yang telah diterangkan sebelumnya lalu klik tombol OK, dan terakhir tekan Alt+Backspace untuk membuat warna objek menjadi hitam sempurna.


Save canvas di atas, lalu Save As dengan format bitmap dengan nama Texture_Mask.bmp (pilih Depth=24 bit).

Setelah proses di atas selesai secara keseluruhan Anda akan mempunyai dua buah file bitmap yang dapat digunakan untuk membuat tekstur image dan tekstur mask.

Selesai deh tekstur mask dan tekstur image dan rekan-rekan bisa menggunakan kedua tekstur tersebut untuk membuat program teknik masking.

Salam Sukses rekan-rekan dan selamat mencoba...


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Sumber
Artikel ini bersumber dari Darfo Step By Step Belajar Membuat Game Sendiri (halaman 26 s/d 34) karangan Heriady












Artikel terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar