Kamis, 11 Mei 2017

Sistem Koordinat Kartesius 2D

Selamat sore rekan-rekan sekalian...ketemu lagi dengan ogut yang punya hobi kutak-katik program grafik dan program game.

Artikel kali ini tidak akan membahas program tetapi tentang keterangan sederhana dan singkat tentang sistem koordinat kartesius 2D yang digunakan untuk pemrograman grafik dan game 2D.

Pada gambar di bawah ini rekan-rekan dapat melihat dua buah garis yang saling tegak lurus (sumbu X dan sumbu Y). Kedua garis adalah sumbu yang dipakai untuk menentukan posisi titik koordinat.


Untuk lebih jelasnya tentang posisi titik koordinat 2D, perhatikanlah gambar di bawah ini.

Di bawah ini rekan-rekan dapat melihat sebuah persegipanjang ABCD yang posisi nya berada di kwadran I. Titik A (100 , 100) berarti posisi titik A berada di sumbu X=100 dan sumbu Y=100. Demikian juga dengan posisi titik B (500 , 100) berada di posisi sumbu X=500 dan sumbu Y=100.

Hal yang sama berlaku untuk titik C dan titik D.


Di pemrograman game 2D sistem koodinat ini digunakan untuk membuat objek-objek game seperti pesawat terbang, tank, peluru, misil , canon dan lain-lain.

Sampai disini dulu rekan-rekan penjelasan sederhana tentang sistem koordinat kartesius 2D, bagi rekan-rekan yang tertarik untuk belajar tentang membuat game 2D, silahkan klik di link ini.



Salam


Heriady


-----------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar