Minggu, 17 Januari 2016

Mencari Titik Pusat Persegi Panjang Dengan Vektor



Hai rekan-rekan sekalian, salam sejahterah selalu, pada kesempatan kali ini ogut akan memberikan teori tentang mencari tiik pusat sebuah persegi panjang dengan menggunakan vektor R2. Teori ini berhubungan dengan teori dasar vektor R2, oleh sebab itu sebaiknya Anda membaca artikel teori tentang vektor R2 jika Anda belum menguasainya.

Kenapa ogut menulis artikel ini, karena banyak pertanyaan dari rekan-rekan yang ingin belajar tentang game terutama tentang vektor. Untuk itu ogut sengaja menyisipkan artikel ini di antara artikel-artikel yang lain.

Ok kita mulai ya....perhatikanlah gambar di bawah ini. Disitu terdapat sebuah persegi panjang ABCD,


Jika persegi panjang posisinya sejajar dengan sumbu X dan sumbu Y, maka untuk mencari titik pusat persegi panjang tidaklah sulit. Anda cukup membagi dua lebar dan tinggi persegi panjang seperti gambar di bawah ini.


Tetapi jika posisi persegi panjang seperti gambar berikut ini, maka tidaklah mudah untuk menentukan titik pusat koordinatnya.


Untuk itu diperlukan vektor yang akan membantu menyelesaaikan masalah ini. Buatlah sebuah vektor dari titik A ke titik C, seperti yang terlihat di bawah ini.


Lalu kalikan vektor tersebut dengan skala 0,5. Sehingga vektor dari titik A ke titik C panjangnya menjadi setengah. Dengan menggunakan vektor yang sudah di-skala maka titik pusat persegi panjang dapat diketahui.


Demikianlah rekan-rekan, mudah bukan, teori ini sangat bermanfaat untuk pemrograman game, contohnya saat Anda hendak menghitung deteksi tabrakan antar objek game.


Salam Hangat Selalu


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Artikel terkait
Membuat Bayangan Objek 3D OpenGL

Matematika Vektor R2

Program Animasi Game MoTer 3D dengan OpenGL