Sabtu, 29 Agustus 2015

Pengenalan OpenCV – Open Computer Vision

Memperkenalkan apa itu OpenCV kepada rekan-rekan sekalian

Selamat pagi rekan-rekan sekalian...sudah hampir satu minggu ogut ngak bisa nge-blog karena ada hal lain yang harus dikerjakan terlebih dahulu, dan artikel kali ini adalah artikel pertama yang akan membahas tentang OpenCV (www.opencv.org).


Apa itu OpenCV?
Open Computer Vision adalah library untuk mengolah image computer vision seperti face detection (deteksi wajah), deteksi bagian-bagian wajah seperti mulut hidung dan mata, deteksi tubuh manusia dan lain-lain. Bisa digunakan untuk sumber data berupa image(gambar digital) atau video.

OpenCV bersifat open source dan digunakan untuk compiler c/C++ serta dirancang untuk aplikasi yang real time. Pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 oleh Intel Research.

Banyak manfaat yang diperoleh dengan pengolahan image, salah satunya yang sering kita gunakan di Facebook untuk menandai teman-teman kita pada foto yang kita upload. Contoh kegunaan lain adalah untuk absensi, video yang dicapture dapat langsung diproses (real time) untuk mengenali wajah karyawan yang sedang melakukan absesi.

Demikian rekan-rekan artikel singkat tentang OpenCV, ogut berharap ini dapat berguna bagi rekan-rekan, cara instalasi dan contoh-contoh program OpenCV akan ogut bahas di artikel berikutnya.

Salam OpenCV


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Artikel terkait
Cara Instalasi OpenCV (segera)
Cara setting OpenCV untuk Visual Studio 2013 (segera)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar