Rabu, 12 Agustus 2015

Kerangka Dasar Program Game Engine

Memperkenalkan kerangka dasar / basic frame program game engine yang ogut buat sendiri.


Selamat pagi rekan-rekan sekalian, senang sekali rasanya bisa kembali nge-blog setelah segala urusan lain selesai. Dan kali ini ogut akan membahas tentang game engine yang telah ogut perkenalkan beberapa waktu lalu.

Jika kita berbicara tentang game engine tentu yang ada di benak kita adalah kemudahan untuk membuat sebuah game tanpa adanya kode program yang panjang. Benar rekan-rekan sekalian, game engine sederhana yang akan ogut perkenalkan kepada rekan-rekan sekalian juga begitu, tanpa menggunakan kode program yang panjang dan sulit.


Di artikel ini ogut akan memperkenalkan kerangka dasar program game engine yang sangat mudah untuk Anda pelajari. Perhatikanlah  kode program di bawah ini (MainProgram.cpp).

#include"My7OpenGL.h"

HWND MainHWND = NULL;

My7OpenGL GameOpenGL;

int WINAPI WinMain(HINSTANCE HInstanceP,
HINSTANCE HPrevinstanceP,
LPSTR LpcmdLineP, int NShowcmdP)
{
GameOpenGL.SetHInstance(HInstanceP);
if (!GameOpenGL.CreateOpenGLWindow(MainHWND))
return 0;

while (GameOpenGL.OpenGLMainLoop)
    {
GameOpenGL.MessageHandle();

//////////////////////////
//render disini
//////////////////////////


//////////////////////////
GameOpenGL.OpenGLSwapBuffer();
GameOpenGL.BreakProgram();
}

GameOpenGL.CloseOpenGLWindow(MainHWND);

return 0;
}

Program di atas merupakan program dasar atau kerangka utama dari program-program game engine yang akan Anda pelajari secara bertahap. Anda tidak perlu membuat program lain untuk membuat game shoot them up, cukup Anda edit MainProgram.cpp saja, hanya itu. Jika program di atas dijalankan Anda akan melihat tampilan awal seperti gambar di bawah.


Selanjutnya tampilan di monitor akan berwarna hitam, hal ini disebabkan penulis belum memasukkan komponen game yang lain seperti musuh, bonus dan lain-lain.

Penjelasan singkat tentang program di atas adalah sebagai berikut.

SetHInstance(HInstanceP) 
Berguna agar OpenGL bisa menyediakan tempat untuk proses render. Parameter yang dipakai oleh fungsi ini sama dengan yang ada pada fungsi utama WinMain.

CreateOpenGLWindow(MainHWND)
Digunakan agar program membuat sebuah window, tempat bagi objek-objek game ditampilkan. Jika proses pembuatan window gagal maka program akan dihentikan, return 0 membuat program langsung berhenti.

While
Dipakai untuk pengulangan proses render. Di dalam while terdapat dua proses yang harus ada yaitu MessageHandle dan OpenGLSwapBuffer, sedangkan BreakProgram bersifat tidak harus, tetapi sebaiknya disertakan.

CloseOpenGLWindow(MainHWND)
Digunakan untuk menutup program seperti membersihkan memory, mengembalikan window seperti semula dan lain-lain.

Untuk menghentikan program Anda dapat menekan tombol Esc pada keyboard.

Demikian rekan-rekan tahap awal untuk membuat game shoot them up dengan game engine ini, di artikel-artikel selanjutnya ogut akan membahas cara menampilkan pesawat, musuh dan lain-lain hingga tuntas, sehinggga Anda dapat membuat variasi game shoot them up sendiri dengan game engine ini.

Salam Game Engine


Heriady
heriady.yoh@gmail.com




Artikel terkait

Panduan Lengkap Membuat Game Perang Shoot Them Up

Panduan Lengkap Membuat Game Perang Dengan Game Engine