Software 3ds max banyak dipakai oleh pengguna komputer untuk membuat model 3D dan membuat animasi. Para pembuat game profesional juga menggunakan software ini untuk membuat tokoh game, terrain dan objek-objek yang lain.
Versi yang ogut gunakan untuk membahas pembuatan model ini adalah 3ds max versi 6.0, ogut memakai versi ini agar rekan-rekan yang memakai komputer dengan memory terbatas masih tetap bisa belajar cara membuat model dengan software ini (di samping itu laptop ogut juga jadoooeelll...hehehe).
Ok Lanjut ya...objek 3D yang akan kita buat adalah sebuah teko, objek ini sudah disediakan oleh 3ds max, rekan-rekan tinggal memanggilnya saja.
Pertama jalankan 3ds max 6.0 di komputer Anda.
Pilih Create, Standard Primitives lalu klik pada tombol Teapot seperti tampak pada gambar di bawah.
Pada Front view buatlah teko dengan cara klik pada area Front view, ubahlah Radius=1.0 dan Segments menjadi 8, lalu klik tombol Zoom Extents All di sudut kanan bawah.
Aturlah agar teko berada di pusat sumbu dengan cara klik pada tombol yang bergambar empat arah panah, lalu geser posisi teko.
Lalu konversi teko di atas menjadi Editable Mesh dengan cara klik pada Modify, lalu pilih Edit Mesh.
Berikutnya Anda harus menjalankan script, klik pada menu MAXScript, pilih Run Script.
Pilih heriadyblog_Script3dsMax, lalu klik tombol Open.
Hasil akhir setelah script dijalankan akan tampak seperti gambar di bawah. Klik tombol OK untuk mengakhiri.
Setelah menjalankan script Anda akan mendapatkan sebuah file dengan ekstensi *.MeshTXT, file ini dapat rekan-rekan load di program OpenGL sehingga objek yang dibuat dengan 3ds max bisa ditampilkan.
Berikut ini adalah kode script yang digunakan untuk membuat file *.MeshTXT.
--script 3ds max 07-03-30
-------------------------------
NamaMesh = $
--kondisi mesh tidak terpilih
-----------------------------
try
NamaFile = NamaMesh.name
catch
(
messageBox "Pilih mesh yang akan dikonversi"
NamaFile = "Error"
)
--kondisi jika bukan mesh
-------------------------
if NamaFile != "Error" do
(
try
testEditMesh = getNumFaces(NamaMesh)
catch
(
messageBox "Bukan Editable Mesh"
NamaFile = "Error"
)
)
if NamaFile != "Error" do
(
NamaFileMesh = NamaFile + ".MeshTXT"
cf = createFile NamaFileMesh
tot_TF = getNumFaces(NamaMesh)
tot_TV = getNumVerts(NamaMesh)
tot_TK = getNumTVerts(NamaMesh)
format "% % %\n" tot_TF tot_TK tot_TV to: cf
-------------------------------------------------------------------------------------
--face , index vertex1, index vertex2, index vertex3, index tk1, index tk2, index tk3
-------------------------------------------------------------------------------------
for i = 1 to getNumFaces(NamaMesh) do
(
tempface = getFace NamaMesh i
temp_tk = getTVFace NamaMesh i
printfacex = tempface.x as integer
printfacey = tempface.y as integer
printfacez = tempface.z as integer
printtkx = temp_tk.x as integer
printtky = temp_tk.y as integer
printtkz = temp_tk.z as integer
--if i == getNumFaces(NamaMesh) then
-- format "% % % % % %" printfacex printfacey printfacez printtkx printtky printtkZ to: cf
--else
format "% % % % % %\n" printfacex printfacey printfacez printtkx printtky printtkz to: cf
)
-- "titik s titik t"
for i = 1 to getNumTVerts(NamaMesh) do
(
TK = getTVert NamaMesh i
--if i == getNumTVerts(NamaMesh) then
-- format "% %" TK.x TK.y to: cf
--else
format "% %\n" TK.x TK.y to: cf
)
--"titikX titikY titikZ"
----------------------------------------------------
for i = 1 to getNumVerts(NamaMesh) do
(
myvertex = getVert NamaMesh i
--if i == getNumVerts(NamaMesh) then
-- format "% % %" myvertex.x myvertex.y myvertex.z to: cf
--else
format "% % %\n" myvertex.x myvertex.y myvertex.z to: cf
)
close cf
messageBox "Konversi selesai"
) --end if
Satu hal lagi yang harus rekan-rekan perhatikan, sistem koordinat yang dipakai OpenGL dan 3ds max berbeda, sehingga perlu penyesuaian di program OpenGL yang rekan-rekan buat.
Di bawah ini adalah sistem koordinat yang dipakai OpenGL.
Sedangkan sistem koordinat yang dipakai oleh 3ds max sebagai berikut.
Dari dua gambar tersebut dapat disimpulkan jika suatu object yang dibuat dengan 3ds max hendak ditampilkan pada OpenGL maka object tersebut harus diputar pada sumbu X sebesar -90°.
Contoh program yang memakai objek buatan 3ds max telah ogut posting sebelumnya, rekan-rekan dapat mendownload contoh programnya beserta script dan contoh objek garden 3D.
Demikian artikel kali ini, gimana mantap tidak, dengan cara seperti ini rekan-rekan dapat berkreasi sebebas-bebasnya, bisa membuat tank, pesawat tempur, jagoan sakti, dan lain-lain, dan lain-lain, pokoknya banyak dah.
Update 29 Des 2015
Setelah rekan-rekan mencoba untuk membuat objek 3D seperti contoh di atas, rekan-rekan bisa melanjutkan untuk membuat objek 3D low polygon (sedikit poligon) yang bisa digunakan untuk game 3D.
Setelah itu rekan-rekan bisa membuat program animasi Hely 3D seperti gambar di bawah ini.
Sekian dulu yah...selamat belajar dan berkreasi...kreasi tanpa batas...
Heriady
heriady.yoh@gmail.com
NB.
Jika rekan-rekan mempunyai objek 3D yang ingin ditampilkan di blog ini, ogut menerima sumbangan. Nama rekan-rekan akan ogut tampilkan tanpa edit, tapi orisinil ya hasil karya Anda.
Artikel terkait
Membuat Terrain untuk Hely 3D
| |
Objek 3D low polygon dengan 3ds max
| |
Membuat Animasi Hely 3D dengan OpenGL
| |
Garden 3ds max
| |
Konsep Face dan Metode 3 Daftar
| |
Teori Animasi 3D dengan Vektor R3
| |
Contoh Program Animasi 3D dengan OpenGL
| |
Animasi dengan Vektor Translasi
| |
Animasi dengan Vektor Translasi 2
| |
Animasi 3D dengan Objek MD2
| |
Matematika Vektor R3
| |
Matematika Vektor R2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar