Kamis, 21 Mei 2015

Konsep Pandangan Perspektif 3D

Dari dalam sebuah kamar kecil (bukan toilet) timbullah ide ini.

Siang semuanya, kali ini aku akan membagi ilmu tentang konsep pandangan perspektif 3D yang banyak digunakan dalam pemrograman grafik 3D dan pemrograman game 3D.

Apa itu pandangan perspektif? Untuk lebih jelasnya coba perhatikan gambar di bawah ini. Ada sebuah kubus yang jika dilihat dari depan maka sisi terdekat akan terlihat lebih besar dari sisi belakangnya (sisi yang lebih jauh). Hal ini natural seperti kita jika melihat sebuah objek dengan mata telanjang, objek akan tampak lebih kecil jika objek menjauh dan akan tampak lebih besar jika objek mendekat.

Jangan samakan konsep pandangan perspektif dengan konsep pandangan maling atau koruptor ya, jika konsep maling / koruptor objek yang jauh sekalipun jika bernilai tinggi akan tampak sangat besar daripada objek sangat dekat yang tidak ada nilainya, hehehehehe........



Lalu bagaimana penerapanya di OpenGL? Perhatikan gambar dibawah ini.


Pada gambar terlihat posisi user (kiri) melihat ke arah kanan, akan tampak rasio (lebar / tinggi) dan sudut yang dibentuk (fovy). Model seperti gambar di atas dipakai oleh OpenGL untuk membuat pandangan perspektif di program grafik 3D.

Sederhana ya, tapi amat sangat bermanfaat.


Terima Kasih sudah membaca artikel ini, jangan bosan ya dan terus mencoba. Ada pepatah kuno mengatakan perjalanan 10.000 mil (wiiiih jauhnya) dimulai dari satu langkah saja.


Heriady
heriady.yoh@gmail.com


Artikel terkait
Lihat contoh program sederhana yang menggunakan konsep pandangan perspektif 3D